Cara Mengendalikan 10 Channel Bluetooth Module Menggunakan Smartphone

posted in: Belajar | 5

Halo semuanya, maaf baru sempat menulis lagi ūüėÄ

Kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan “10 Channel Bluetooth Module” yang saya¬†peroleh belum lama ini. Berikut penampakan modulnya:

[columns] [span6]

[/span6][span6]

[/span6][/columns]

Modul ini saya dapat tanpa informasi tambahan apapun selain nama dari modul ini. Pertama kali saya mendapatkan modul ini, tampak bahwa modul ini tidak memiliki silkscreen di bagian depannya,  hanya ada silkscreen di bagian belakang modul yang hanya menunjukan letak komponen yang digunakan, bukan yang menunjukan fungsi dari kaki kaki yang ada di modul ini. Hal ini membuat saya bingung harus kemana menghubungkan tegangan masukan, bisa bisa modul akan rusak apabila saya mencoba-coba menghubungkan tegangan sumber ke modul.

Dari hasil searching di google, awalnya saya tidak mendapatkan datasheet ataupun informasi apapun tentang modul ini, baik pinout dari modul, maupun¬†command set untuk mengontrol modul (ini yang celaka, bagaimana bisa mengendalikan sampai 10 channel kalau cara mengendalikan satu saja tidak tahu ==”). Lebih celakanya lagi, modul ini tidak menggunakan Specific Purpose IC, melainkan menggunakan Mikrokontroller 8051 Based,¬†buatan STC tipe “11F04E” yang diprogram untuk melakukan tugasnya, sehingga reverse engineering pun akan sangat sulit dilakukan terhadap modul ini untuk mengetahui command set yang dipakai.

Setelah melakukan pencarian selama kurang lebih 1 jam tanpa membuahkan hasil, saya sempat berpikir untuk menelantarkan modul ini, tapi tiba tiba saya ingat sesuatu, yaitu modul ini berasal dari china (iya lah, mana ada elektronik yang bukan buatan china sekarang >_<), sedangkan selama saya melakukan searching tadi, keyword yang saya gunakan adalah bahasa inggris dan indonesia.

Saya pun mencoba melakukan pencarian lagi dengan memasukan keyword searching saya sebelumnya, yaitu “bluetooth controller”, namun kali ini dalam bahasa mandarin (Dengan google translate tentunya :P), sehingga¬†menjadi “ŤóćÁČôśéߌą∂Śô®”, dan ternyata berhasil !! Saya langsung menemukan llink dari taobao.com yang menunjukan modul yang sama dengan yang saya beli, bedanya pada gambar di taobao.com ada silkscreen di bagian depannya, berikut gambar yang menunjukan pinout modul tersebut:

Di dalam halaman itu pun ada gambar yang menunjukan tentang command set yang harus dikirimkan ke modul agar modul dapat bekerja:

Kedua gambar tersebut kalau diterjemahkan kira kira isinya sebagai berikut:

[columns] [span6]

[/span6][span6]

[/span6][/columns]

Yess, akhirnya saya memiliki referensi untuk mengutak atik modul ini !!!

 

Testing & Software Pengontrol Modul

Di halaman itu pun ada gambar yang menjelaskan kalau modul tersebut dapat dikontrol menggunakan aplikasi dari smartphone, namun saya tidak menemukan link software tersebut. Berbekal informasi pinout tadi, saya pun membuat “Test Rig” untuk modul tersebut, dan¬†berdasarkan Command set yang ada pada gambar, saya akhirnya¬†membuat sendiri aplikasi smartphone untuk mengontrol modul bluetooth tersebut (Link Di Bawah). Berikut penampakan Test Rig dan aplikasi pengontrol modul ini.

[columns] [span4]

[/span4][span4]

[/span4][span4]

[/span4][/columns]

Setelah dilakukan tes, ternyata memang modul ini mempunyai 10 Channel keluaran yang dapat dikontrol melalui smartphone menggunakan software yang dibuat, selain itu, modul ini juga dapat membaca status dari setiap Port Keluaran. Pada dasarnya, modul ini dapat dioperasikan dalam 4 mode, yaitu, ON (High), OFF (Low), Toggle (Low>High / High>Low), dan 1-15s Timer (Keluaran Port akan High Selama n Detik). Tapi ada yang menarik dari modul ini, yaitu fungsi toggle yang memiliki sedikit bug dari hardware modul nya.

Seharusnya Seperti ini:

1. Port 1 bernilai Low
2. Perintah Toggle dilakukan kepada Port 1
3. Port 1 Bernilai High
4. Perintah OFF dilakukan kepada Port 1
5. Port 1 Bernilai Low
6. Perintah Toggle dilakukan kepada Port 1
7. Port 1 Bernilai High

Namun yang terjadi adalah:

1. Port 1 bernilai Low
2. Perintah Toggle dilakukan kepada Port 1
3. Port 1 Bernilai High
4. Perintah OFF dilakukan kepada Port 1
5. Port 1 Bernilai Low
6. Perintah Toggle dilakukan kepada Port 1
7. Port 1 Bernilai Low

Dan Berlaku Sebaliknya (Low diganti High, High diganti Low)

 

Cara Menggunakan Software pada Smartphone

1. Aktifkan Bluetooth pada smartphone

2. Lakukan “Pairing” dengan modul bluetooth 10 Channel (password default biasanya¬†1234)

3. Buka Aplikasi “BTControl”, karena modul belum terhubung, maka¬†tampilan pada layar akan seperti berikut:

4. Pilih tombol “Select BT Module”, dan pilih modul bluetooth yang telah anda pairing sebelumnya

5. Apabila modul berhasil terhubung, maka tampilan layar akan berubah menjadi

6.¬†Untuk memilih channel yang akan di kontrol, dapat dilakukan menggunakan¬†pilihan di samping tulisan “I/O Channel”

7. Untuk memberikan perintah untuk mematikan, menyalakan, toggle, cek status, atau¬†delay kepada setiap channel, dapat dilakukan dengan menggunakan tombol yang ada di bawah bar “Action”

8. Selamat ber eksperimen dengan¬†modul ini¬†ūüėÄ

 

Download Aplikasi Smartphone

(Pastikan anda dapat menginstall aplikasi non market pada smartphone Android anda ūüėÄ )

BTControl.apk

 

 

5 Responses

  1. mau tanya itu modul bisa di beli dimana dan harganya berapa ya?domisili saya di jakarta.

    • AyoNgoprek

      saya beli di LTC glodok lantai 2, toko OK electronics. Waktu itu kalau tidak salah 150-200k, saya lupa harga pastinya

  2. saya sudah mencoba cukup bagus dengan apk yang di sertakan, Thanks, dan bagaimana saya bisa mendapatkan source code dari apk tersebut, karena untuk memilih out P1 hingga P10 cukup report, maka saya ingin merubah agar bisa per “P out” memiliki tombol yang sendiri-sendiri (misalnya satu layar 6 tombol), thanks.

    • Saya coba Bluetooth sudah connected tapi LED pada out P1 ~ P10 langsung nyala terus, dicontrol dari apk tidak bisa. Apa penyebab dan bagaimana solusinya? Thanks

  3. Saya mau minta kontak anda boleh untuk pertanyaan….?

Leave a Reply